Kamis, 11 Agustus 2022 15:00

KUMHAM BABEL SELENGGARAKAN KEGIATAN EDUKASI PENCEGAHAN DAN PELANGGARAN KEKAYAAN INTELEKTUAL

Tanjungpandan, 11/08- Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung mengadakan kegiatan Edukasi Pencegahan dan Pelanggaran Kekayaan Intelektual di Wilayah dengan tema "Kerjasama pemantauan dan pengawasan di Bidang Kekayaan Intelektual dengan instansi terkait  di Kabupaten Belitung". Acara ini diselenggarakan  pada hari Kamis, 11 Agustus 2022  bertempat di Ruang Pertemuan Baginda Hotel Grand Hatika Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

 

Acara diikuti oleh Perangkat Daerah terkait dari Kabupaten Belitung seperti Bagian Hukum Setda, Dinas KUKM, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata serta para pelaku UMKM, Ekonomi Kreatif dan penggiat seni serta budaya.  Acara dibuka langsung Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Daniel L Tobing.  Dalam pembukaan kegiatan Daniel L Tobing menyampaikan di Indonesia pelanggaran-pelanggaran terhadap kekayaan intelektual sangat sering terjadi. Pelanggaran kekayaan intelektual yang sering terjadi meliputi pelanggaran Hak Cipta dan Merek. Lemahnya pengetahuan masyarakat terhadap hak atas  kekayaan intelektual adalah salah satu alasan banyak terjadinya pelanggaran-pelanggaran.  Untuk itu Daniel L Tobing berharap masyarakat segera mendaftarkan hak kekayaan intelektualnya guna mendapatkan perlindungan secara hukum dan juga manfaat ekonomi.

 

 Bertindak  sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si yang mengangkat tema “Pentingnya Kekayaan Intelektual di Wilayah Sebagai Aset”, dan Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM,  Brigjen Pol. Anom Wibowo, S.IK, M.Si yang mengangkat tema “Perlindungan Hukum Kekayaan Intelektual”.

 

Pada kesempatan kali ini juga dilakukan pengukuhan oleh Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Daniel L Tobing kepada Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si sebagai Duta Kekayaan Intelektual Kepulauan Bangka Belitung yang salah satu tugasnya adalah menyebarluaskan informasi dan pemahaman Kekayaan Intelektual kepada masyarakat di Kabupaten Belitung. Selain itu juga di berikan Sertifikat Kekayaan Intelektual kepada para pelaku usaha dan seni yang sebelumnya telah mendaftarkan produk dan karyanya ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. (G.A.)

Sumber: BAGIAN HUKUM SETDA KABUPATEN BELITUNG



Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code