Senin, 25 Juli 2022 14:00

SEKDA BELITUNG LANTIK JF ANALIS HUKUM KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan, 25/07- Dalam rangka pengembangan karier dan peningkatan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang di bidang analisis dan evaluasi hukum, Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan pengisian Jabatan Fungsional Analis Hukum.  Pelantikan JF Analis Hukum dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H.MZ.Hendra Caya, SE, M.Si atas nama  Bupati Belitung bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung, Senin 25 Juli 2022. Bertindak sebagai saksi dalam kegiatan ini adalah Kabag Hukum Setda, Suparno, SH dan SubKoordinator Bantuan Hukum Nuraini, SH, MH. Acara tersebut dihadiri para Asisten di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung, Kepala BKPSDM, Kabag Organisasi Setda, Kabag Umum Setda serta tamu undangan lainnya.

 

Sesuai Permenpan RB Nomor 51 Tahun 2020, Jabatan Fungsional Analis Hukum adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan analisis dan evaluasi hukum. Jabatan Fungsional Analis Hukum juga termasuk rumpun jabatan hukum dan peradilan. Tugas Pejabat Fungsional Analis Hukum antara lain:

a.analisis dan evaluasi peraturan perundang-undangan dan hukum tidak tertulis;

b. analisis dan evaluasi pembentukan peraturan perundang-undangan;

c. analisis permasalahan hukum yang terkait dengan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah;

d. analisis terhadap pengawasan pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan

tugas dan fungsi Instansi Pemerintah;

e. analisis dan evaluasi dokumen perjanjian dan pelaksanaan perjanjian Instansi Pemerintah;

f. analisis dan evaluasi pelayanan hukum, perizinan dan informasi hukum; dan

g. advokasi hukum.

 

Intansi Pembina dalam jabatan fungsional Analis Hukum sendiri adalah Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM. Sesuai arahan Presiden, penyederhanaan birokrasi salah satunya peralihan dari jabatan administrasi ke jabatan fungsional yang bertujuan untuk menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional sebagai upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam rangka mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik. Melalui penyetaraan jabatan ini diharapkan mampu mengubah kultur birokrasi menjadi lebih baik. Begitu juga pemangku jabatan fungsional diharapkan memiliki motivasi lebih tinggi dalam meningkatkan keterampilan, kompetensi serta kinerjanya, juga sekaligus mempunyai peluang yang luas untuk mengembangkan ide kreatif serta jenjang karir.

 

 

Dengan dilantiknya JF Analis Hukum pada hari ini, maka Analis Hukum yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung menjadi 2 (dua) yang meliputi Analis Hukum Ahli Pertama dan Analis Hukum Ahli Muda. Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Sekda Kabupaten Belitung beserta tamu undangan dan sesi foto bersama. (G.A.)

 

Sumber: BAGIAN HUKUM SETDA KABUPATEN BELITUNG



Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code